Jumat, 17 Januari 2020

5 pantai yang bikin hati tenang dan nyaman

Sebagai salah satu negara kepulauan, Indonesia memiliki 17.549 pulau yang tersebar di seluruh penjuru nusantara. Beruntungnya, dengan banyaknya pulau ini tentunya ada begitu banyak pesisir pantai di Indonesia yang dapat Anda eksplor.

Pantai-pantai yang menghiasi pulau-pulau di Indonesia sangat unik dan beragam. Profil pantai di Indonesia pada umumnya berbeda satu sama lain, seperti warna dan tekstur pasir, warna refleksi air laut, kontur pantai, hingga terumbu karang. Belum lagi keberadaan biota laut yang begitu kaya dengan terumbu karang cantik beraneka warna.

Nah, selain Bali, ada pulau besar di Indonesia yang juga memiliki simpanan pantai yang amat indah, yakni pulau Sulawesi. Keindahannya membuat pantai-pantai ini layak Anda masukan ke dalam wishlist destinasi wisata Anda. Mau tahu apa saja? Yuk simak berikut ini.

1. Pantai Losari


Tentu Anda sudah tidak asing dengan nama pantai yang satu ini. Ya, Pantai Losari sudah tenar karena merupakan salah satu ikon kota Makassar. Pantai ini terletak di sebelah barat kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.



Walaupun sekitar pantai ini diberi beton, Anda tetap bisa menikmati suasana sunset atau sunrise yang menjadi latar belakang swafoto. Jangan lupa juga untuk berfoto di sekitar tulisan Pantai Losari. Selain berfoto, Anda juga bisa berjalan-jalan, berburu kuliner khas Makassar, memancing, atau menggunakan fasilitas permainan air seperti banana boat.

2. Pantai Tanjung Bira




Untuk mengunjungi pantai Tanjung Bira, Anda perlu menempuh perjalanan kurang lebih 200 km dari pusat kota Makassar. Tepatnya pantai ini terletak pada Kabupaten Bulukumba. Walaupun jauh, usaha Anda mengunjungi pantai ini akan tidak akan sia-sia. Pantai Tanjung Bira menyajikan pemandangan laut dengan tiga gradasi warna yang berdampingan bersama pasir putih.

Air laut di pantai ini juga masih bening dan alami. Sehingga Anda dapat melihat dengan jelas keindahan biota laut. Tidak heran banyak pengunjung yang melakukan aktivitas snorkeling. Anda juga bisa menikmati fasilitas penginapan di homestay serta menikmati kuliner khas Manado atau Toraja.

3. Pantai Nirwana




Pantai Nirwana terkenal dengan keindahannya yang disebut-sebut menyerupai surga. Pantai yang terletak pada Kelurahan Sula, Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. Hampir sama dengan pantai Tanjung Bira, pantai ini juga menyajikan pemandangan air laut dengan gradasi tiga warna. Yaitu biru muda, biru kehijauan, dan bening. Ini membantu Anda untuk melihat secara langsung ikan-ikan yang berenang di sekitar terumbu karang karena ombak di pantai ini tergolong tenang.

Nikmati bersantai pada Gode-gode yang merupakan gubuk yang tersedia untuk pengunjung. Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan diantaranya mengunjungi Gua Moko, mengunjungi Pulau Siompu, snorkeling, dan membakar ikan. Uniknya, masyarakat setempat memiliki kepercayaan bahwa air di pantai Nirwana dapat menyembuhkan penyakit asma dan masalah pernafasan lainnya.

4. Pantai Dato




Pantai yang terletak di Kelurahan Baurung, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat ini memberikan Anda 2 pilihan suasana pantai. Pertama, Anda bisa menikmati keindahan laut melalui pantai yang beralaskan pasir putih. Kedua, Anda bisa juga melihat pemandangan laut melalui pantai yang beralaskan karang. Tidak perlu takut untuk naik ke atas karang, karena sudah terdapat fasilitas tangga bagi pengunjung.

Anda dapat menginap pada fasilitas yang telah disediakan dengan ditemani panganan khas daerah Majene. Jika Anda berkunjung pada bulan Agustus-September, Anda akan disuguhkan sebuah acara yang bernama Sandeq Race. Ini merupakan perlombaan balap perahu Sandeq yang merupakan perahu khas Suku Mandar.

5. Pantai Appalarang




Pantai ini sering juga disebut sebagai Tebing Appalarang. Karena untuk menikmati keindahan lautnya, Anda harus melewati tebing yang dilengkapi dengan tangga yang dapat memacu adrenalin Anda. Pantai Appalarang berada pada Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan.

Walaupun berdekatan, pantai ini kurang tenar dibandingkan dengan Pantai Tanjung Bira. Mungkin pantai Appalarang ini cocok bagi Anda yang memang mencari pantai dengan suasana lebih tenang. Nikmati juga kelezatan menyantap ikan segar yang baru ditangkap oleh para nelayan.

Bagaimana, Anda tertarik untuk mengunjungi ke-lima pantai tersebut? Hydro Coco siap untuk menemani perjalanan wisata pantai Anda. Sebab pantai dapat menjadi sangat panas, terutama jika cuaca sedang terik. Kesegaran dari buah kelapa asli ini akan membantu menyegarkan dan mengembalikan cairan tubuh Anda selama bermain di pantai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar